PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN MEDIS TERHADAP KEPUASAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MELINDA 2 BANDUNG

Kiki Rizki Ananda, 154010345 and Dr. H. Popo Suryana, SE.,MSi, Pembimbing (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN MEDIS TERHADAP KEPUASAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MELINDA 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK_SKRIPSI_154010345_KIKI RIZKI ANANDA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB 1_SKRIPSI_154010345_KIKI RIZKI ANANDA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB 2_SKRIPSI_154010345_KIKI RIZKI ANANDA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB 3_SKRIPSI_154010345_KIKI RIZKI ANANDA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_154010345_KIKI RIZKI ANANDA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

TRAK Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Rumah sakit memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Masalah utama sebagai sebuah lembaga jasa pelayanan kesehatan adalah semakin banyaknya pesaing. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan konsumennya meningkat.Rumah Sakit Melinda 2 sebagai salah satu rumah sakit tipe C memiliki jumlah pengunjung lebih rendah pada tahun 2019 di bandingkan dengan rumah sakit sekitarnya. Maka untuk mengetahui lebih jauh mengenai rendahnya tingkat kualitas pelayanan dilakukan penelitan terhadap 72 responden dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif melalui penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Analisis Koefesien Korelasi (R), Analisis Koefesien Determinasi (R2), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F),Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan medis berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasaan pasien sebesar 74.5%, besarnya pengaruh secara parsial kualitas pelayanan adalah 34.5%, besarnya pengaruh parsial fasilitas pelayanan medis adalah 40,0%. Berdasarkan tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan yang disediakan oleh Rumah Sakit Umum Melinda 2 Bandung, secara keseluruhan sudah tergolong baik,namun ada beberapa hal yang masih perlu di perbaiki salah satunya berkaitan dengan dimensi empati mengenai Rumah Sakit mengerti kebutuhan pasien, dimensi biaya, desain fasilitas serta tingkat biaya medis yang dibebankan kepada pasien. Kata Kunci : kualitas pelayanan, fasilitas pelayanan medis, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:05
Last Modified: 25 Nov 2022 09:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61731

Actions (login required)

View Item View Item