PENGARUH DIVERSIFIKASI OPERASI, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Mentari Noor Habibah, 164020148 and Taty Sariwulan, SE.,MSi,AK.,CA, Pembimbing (2022) PENGARUH DIVERSIFIKASI OPERASI, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Diversifikasi Operasi, Leverage dan Kepemilikan Manajerial terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Diversifikasi Operasi (X1), Leverage (X2) dan Kepemilikan Manajerial (X3) sebagai variabel independen, serta Manajemen Laba (Y) sebagai variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 yang berjumlah 41 perusahaan. Sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 18 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang menjadi sampel. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif yang terdiri dari analisis regresi logistik, menilai kelayakan model (Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test), menilai keseluruhan model (Overall Model Fit), koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel diversifikasi operasi dan leverage berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Diversifikasi Operasi, Leverage, Kepemilikan Manajerial, dan Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:28
Last Modified: 23 Nov 2022 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61700

Actions (login required)

View Item View Item