ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS PADA UMKM PUSAKA RAMA DI DESA PANYOCOKAN KABUPATEN BANDUNG)

Putra Ardani, Muhammad Fadhlan and Firmansyah, Iman (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS PADA UMKM PUSAKA RAMA DI DESA PANYOCOKAN KABUPATEN BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fadhlan Putra Ardani_183010120_Teknik Industri.pdf

Download (892kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK UMKM Pusaka Rama merupakan UMKM Unggulan yang berada pada Desa Panyocokan, Kec. Ciwidey yang merupakan usaha pengrajin seni ukir logam dan kayu khususnya produk benda tajam yaitu golok ukir. Masih terdapat banyak permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Pusaka Rama ini, salah satunya terjadinya kenaikan dan penurunan (fluktuatif) pada hasil penjualan pada tahun 2021-2022. Dan juga masih banyak potensi yang belum digarap maksimal oleh UMKM Pusaka Rama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bisnis UMKM dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Untuk pengolahannya dilakukan terlebih dahulu identifikasi untuk faktor internal dan eksternal UMKM. Setelah itu menganalisis hasil identifikasi dengan matriks IFE dan Matriks EFE. Selanjutnya hasil matriks IFE dan EFE dianalisis pada matriks IE untuk mendapatkan posisi UMKM pada sembilan sel, dimana UMKM mendapatkan sel V Hold and Maintain. Lalu mengolah matriks SWOT untuk input pada analisis QSPM. Lalu tahap terakhir yaitu analisis QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas yang dapat diterapkan oleh UMKM Pusaka Rama Kata Kunci : UMKM Pusaka Rama, Matriks SWOT, Metode QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Nov 2022 05:37
Last Modified: 23 Nov 2022 05:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61689

Actions (login required)

View Item View Item