ANALISIS STRUKTUR CERPEN DENGAN PENDEKATAN PRAGMATIK PADA KUMPULAN CERPEN “KUPU-KUPU BERSAYAP GELAP” KARYA PUTHUT E. A SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS XI SMA

Firmansyah, Hagi Fauzan, 185030070 (2022) ANALISIS STRUKTUR CERPEN DENGAN PENDEKATAN PRAGMATIK PADA KUMPULAN CERPEN “KUPU-KUPU BERSAYAP GELAP” KARYA PUTHUT E. A SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
9.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada penelitian ini peneliti membahas struktur pada kumpulan cerpen “Kupu-kupu Bersayap Gelap” karya Puthut E. A dan menerapkannya pada pengimplementasian identifikasi nilai-nilai kehidupan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah membuat bahan ajar untuk mempermudah dalam proses pembelajaran pada materi ceita pendek berdasarkan tuntutan Kurikulu 2013. Pada penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif karena menjelaskan tentang struktur pada kumpulan cerpen” karya Puthut E. A. pengolahan data pada kajian ini melalui metode telaah pustaka dan dokumentasi. Hasil pada analisis penelitian ini menunjukan 1) terdapat 13 cerpen yang memiliki struktir lengkap, dengan rincian struktur orientasi dengan presentase 100%, komplikasi dengan presentase 100%, dan resolusi dengan presentase 100%. 2) Hasil analisis struktur pada kumpulan cerpen “Kupu-kupu Bersayap Gelap” karya Puthut E. A telah memenuhi kriteria bahan ajar di kelas XI SMA dengan tuntutan Kurikulum 2013 karena sesuai dengan KD “Mengidentifikasi Nilai-nilai Kehidupan Pada Kumpulan Perita Pendek”, sesuai dengan aspek materi, kebahasaan, dan aspek pengembangan psikologi peserta didik. 3) Bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berjudul “Nilai-nilai yang dapat dipetik dalam cerita pendek” telah divalidasi oleh dosen meliputi aspek penilaian kelayakan isi bernilai rata-rata nilai 78, aspek kelayakan kebahasaan rata-rata nilai 76, dan aspek penilaian kelayakan penyajian 77. Validasi guru Bahasa Indonesia meliputi aspek penilaian kelayakan isi bernilai rata-rata nilai 78, aspek kelayakan kebahasaan rata-rata nilai 75, dan aspek kelayakan penyajian rata-rata nilai 81. Hasil validasi dari validator menunjukan nilai rata-rata 75-80, sehingga termasuk ke dalam kriteria bahan ajar yang baik dan dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai bahan ajar cerita pendek kelas XI SMA. Kata kunci: analisis, struktur, cerita pendek dan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:24
Last Modified: 22 Nov 2022 01:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61650

Actions (login required)

View Item View Item