PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Bandung)

Sukmawati, Yuli, 185010012 (2022) PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Guru PPKn dalam meningkatkan Civic Knowledge melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas XI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terkait Civic Knowledge dikarenakan faktor perkembangan zaman serta teknologi yang pesat, maka perlu adanya peran Guru PPKn untuk memberikan pemahaman terkait pengetahuan kewarganegaraan sesuai dengan hal-hal yang layak untuk diketahui oleh seorang warga negara. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru dalam meningkatkan Civic Knowledge melalui Model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta mixed methods. Pengumpulan data dan instrument penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara bersama Guru PPKn Kelas XI dan perwakilan peserta didik Kelas XI TKJ 1 dan 3, serta angket yang disebar kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sudah mampu mencapai proses perencanaan pembelajaran yang dibuat dan dikaitkan dengan meningkatkan Civic Knowledge melalui Model Problem Based Learning, mulai dari susunan serta komponen dalam perencanaan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan dan penerapan Model Problem Based Learning sudah mampu meningkatkan Civic Knowledge pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Bandung ditandai dengan peserta didik memahami hal-hal yang layak diketahui oleh warga negara, salah satu contohnya terkait pentingnya penegakan hak asasi manusia di lingkungan sekolah seperti menghargai ketika teman menyampaikan pendapat, sehingga dapat dikatakan Peran Guru PPKn berhasil meningkatkan Civic Knowledge pada peserta didik Kelas XI di SMK Negeri 5 Bandung. Kata Kunci : Peran Guru, Civic Knowledge, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:57
Last Modified: 21 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61638

Actions (login required)

View Item View Item