ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020)

Erlyani Hartati, 154020125 and Isye Siti Aisyah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indonesia dan Inggris).pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I II III.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi underpricing pada perusahaan initial public offering (IPO). Faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu debt to equity ratio (DER), Current ratio (CR) dan return on assets (ROA) serta underpricing pada perusahaan yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020. Sampel penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini jumlah yang diteliti adalah 26 perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis, serta koefisien determinasi menggunakan uji t, uji f dan pengolahan data dibantu dengan menggunakan software IBM SPSS statistik versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial rasio financial leverage, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing. Kata Kunci : Initial Public Offering (IPO), Underpricing, financial leverage, profitabilitas dan likuiditas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:36
Last Modified: 21 Nov 2022 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61619

Actions (login required)

View Item View Item