PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM MENULIS PUISI DENGAN DIIRINGI MEDIA INSTRUMEN MUSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BANDUNG

RYAN FERDIANA, NPM : 198090031 (2022) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM MENULIS PUISI DENGAN DIIRINGI MEDIA INSTRUMEN MUSIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Ryan Ferdiana.docx

Download (108kB)

Abstract

Ferdiana, Ryan 2022. Penggunaan Gaya Bahasa dalam Menulis Puisi dengan diiringi Media Instrumen Musik pada peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Bandung Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Menulis puisi merupakan sajian karya sastra dalam bentuk teks singkat yang dituntut adanya keterlibatan perasaan dan mampu menstimulus fungsi organ tubuh manusia melalui panca indera yang peka terhadap situasi dengan kecermatan dalam berpikir. Tentu untuk menciptakan sebuah karya itu harus memiliki pemahaman yang berlandaskan pembelajaran teoritis para ahli dan mengembangkannya melalui praktik. Salah satu bagian terpenting dalam menulis puisi yaitu pemilihan kata atau diksi yang mampu menyesuaikan dan memperkaya makna untuk memperindah gaya bahasa. Pentingnya pemilihan penggunaan media yang bisa disesuaikan akan menciptakan efektifitas dalam proses belajar mengajar. Media instrmen musik merupakan audio yang menghasilkan suara berirama dengan tabulasi nada yang mampu merelaksasi hati dan meningkatkan kinerja otak secara optimal. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas X dalam menulis puisi bergaya bahasa perbandingan dengan diiringi media instrumen musik; (2) untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas X dalam menulis puisi bergaya bahasa perbandingan dengan bermediakan gambar; (3) untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas X dalam membedakan penggubnaan diksi dengan diiringi media instrumen musik dan media gambar; (4) untuk mengetahui pengaruh media instrumen musik pada penggunaan diksi bergaya bahasa perbandingan dalam menulis puisi pada peserta didik kelas X; (5) untuk mengetahui pengaruh media gambar pada penggunaan diksi bergaya bahasa perbandingan dalam menulis puisi pada peserta didik kelas X; (6) untuk mengetahui keefektifan media intrumen musik dibandingkan media gambar yang menghasilkan gaya bahasa perbandingan dalam menulis puisi pada peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peserta didik kelas X mampu menggunakan diksi bergaya bahasa perbandingan dengan media insturmen musik yang lebih efektif dibandingankan media gambar. Hal tersebut terbukti pada analisis penilaian di kelas eksperimen yang menggunakan media instrumen musik memiliki hasil rata-rata 82.7 sedangkan pada analisis kelas kontrol yang menggunakan media gambar memiliki hasil rata-rata 55.9. Kata Kunci: Menulis Puisi, Gaya Bahasa, Media Pembelajaran, Instrumen Musik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:03
Last Modified: 17 Nov 2022 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61539

Actions (login required)

View Item View Item