Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Implikasinya pada Minat Mahasiswa Mereferensikan Kampus (Penelitian pada di Universitas Pelita Bangsa Bekasi) (The Effect of Service Marketing Mix and Service Quality on Student Satisfaction and Its Implications to The Student Interest in Referring to Their Campus (Study at Pelita Bangsa University of Bekasi)

Ceceng Saepuloh, NPM : 188020133 (2022) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Implikasinya pada Minat Mahasiswa Mereferensikan Kampus (Penelitian pada di Universitas Pelita Bangsa Bekasi) (The Effect of Service Marketing Mix and Service Quality on Student Satisfaction and Its Implications to The Student Interest in Referring to Their Campus (Study at Pelita Bangsa University of Bekasi). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal tesis ceceng Saepuloh.docx

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dan implikasinya pada minat mahasiswa mereferensikan kampusnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 3.266 orang mahasiswa dari semua program studi dan fakultas di Universitas Pelita Bangsa Bekasi. Sampel yang diambil secara proportional random sampling sebanyak 98 orang dari total 3688 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan SPSS Ver. 26.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata responden memberi tanggapan setuju terhadap aspek-aspek bauran pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan oleh Universitas Pelita Bangsa Bekasi dengan persentase rata-rata sebesar 69,18%; 2) Rata-rata responden memberi tanggapan setuju terhadap aspek-aspek kualitas pelayanan yang diberikan oleh Universitas Pelita Bangsa Bekasi dengan persentase rata-rata sebesar 70,01%; 3) Rata-rata responden memberi tanggapan setuju terhadap aspek-aspek kepuasan mahasiswa di Universitas Pelita Bangsa Bekasi dengan persentase rata-rata sebesar 70,46%; 4) Rata-rata responden memberi tanggapan setuju terhadap aspek-aspek minat mereferensikan kampus Universitas Pelita Bangsa Bekasi dengan persentase rata-rata sebesar 70,22%; 5) Bauran pemasaran jasa menunjukkan korelasi yang positif, kuat dan signifikan sebesar 69,4% dengan kualitas pelayanan; 6) Secara parsial, bauran pemasaran jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa sebesar 12,09% dengan signifikansi 0,046 ; 7) Secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa sebesar 28,35% dengan signifikansi 0,00; 8) Secara simultan, bauran pemasaran jasa dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa sebesar 40,4% dengan signifikansi F sebesar 32,22; 9) Kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan sebesar 33,76% dengan singifikansi 0,00. Kata Kunci: bauran pemasaran jasa, kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, minat mahasiswa mereferensikan kampus

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:21
Last Modified: 14 Nov 2022 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61201

Actions (login required)

View Item View Item