Kiki Pitasari, NPM : 208060035 (2022) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
JURNAL KIKI PITASARI.docx Download (189kB) |
Abstract
Model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman Konsep terhadap Self Regulated Learning siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dan Kelas VII C Smp Terpadu Ar-Risalah pada tahun 2020/2021 dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Intrumen yang digunakan yaitu tes berupa tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep serta non tes berupa angket, wawancara, dan observasi untuk mengetahui kemampuan self regulated learning (SRL). Analisis data menggunakan uji-t, uji non-parametrik dan uji korelasi. Hasil penelitian ini adalah, (1) Kemampuan Pemahaman Konsep matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) self regulated Learning matematika siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Pencapain Self Regulated Learning (SRL) siswa SMP yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dan penalaran siswa SMP, (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan Pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa SMP. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Discovery Learnig, SRL
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 12 Nov 2022 06:32 |
Last Modified: | 12 Nov 2022 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61164 |
Actions (login required)
View Item |