PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE E-LEARNING ECL FT UNPAS SERTA DAMPAK TERHADAP KINERJA MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: ecl.teknik.unpas.ac.id)

Afsar Rayhan, Ghamar and alas majapahit, sali and Somantri, Asep (2022) PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE E-LEARNING ECL FT UNPAS SERTA DAMPAK TERHADAP KINERJA MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: ecl.teknik.unpas.ac.id). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
GHAMARAFSARRAYHAN_173040081_TEKNIKINFORMATIKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Universitas Pasundan Fakultas Teknik merupakan instansi pendidikan yang menggunakan aplikasi website e- 1- 2 learning yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar atau kuliah secara daring. Menurut SK Rektor Nomor 131/Unpas.R/SK/C/VIII/2020 tentang Pembelajaran Daring, Edu Campus Learning atau secara akronimnya ECL adalah platform yang di implementasikan sejak semester ganjil tahun 2021. Penggunaan ECL hingga saat ini masih di gunakan untuk media pembelajaran khususnya oleh dosen dan mahasiswa fakultas Teknik Universitas Pasundan website E-Learning ECL FT-UNPAS belum pernah dilakukan pengukuran kepuasan terhadap penggunanya. Dikarenakan, adanya dugaan layanan yang belum baik dari website E-Learning ECL FT-UNPAS sehingga penting untuk diperhatikan, dalam keberhasilan penerapan sebuah sistem informasi tidak dapat dilepaskan dari kepuasan pengguna terhadap sistem yang mereka gunakan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur untuk melakukan survey kepuasan pengguna. Instrumen ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah EUCS (End User Computing Satisfaction) dari Doll dan Torkzadeh yang terbagi menjadi 5 dimensi pengukuran yang masing-masing diuraikan menjadi sekumpulan paket pernyataan yang diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung dengan skala Likert. Metode analisis yang digunakan untuk pengolahan data meliputi statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana menggunakan alat bantu program SPSS for windows versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa semua dimensi berada pada kategori Setuju. Serta dimensi dari EUCS memberikan pengaruh sebesar 74,7% terhadap kepuasan pengguna Sedangkan sisanya sebesar 25,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian, dan kepuasan pengguna Website E-Learning ECL FT-UNPAS memberikan pengaruh sebesar 55,8% terhadap Kinerja Mahasiswa Sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. . Kata kunci: Pengukuran, Kepuasan, Kinerja Mahasiswa, Aplikasi E-Learning ECL FT-UNPAS, EUCS (End User Computing Satisfaction), SPSS for windows versi 25.0

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:53
Last Modified: 10 Nov 2022 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61039

Actions (login required)

View Item View Item