PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PASUNDAN

Ramadhan, Dila, 155020042 (2022) PENGARUH LITERASI EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indo.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Inggris.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sunda.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi literasi ekonomi, deskripsi kemampuan berpikir kritis serta seberapa besar pengaruh literasi ekonomi terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAS angkatan angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 66 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25. Adapun hasil penelitian menunjukan: (i) literasi ekonomi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAS dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 3,94, (ii) kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAS dapat dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 3,89, (iii) Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana ditemukan bahwa t hitung = 3,257 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap kemampuan berpikir kritis. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui pengaruh dari literasi ekonomi terhadap kemampuan bepikir kritis mahasiswa sebesar 14,2%, yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Maka dapat disimpulkan hipotesis pada penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Sebagai akhir penlitian, peneliti menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (1) bagi mahasiswa, lebih mendalami literasi ekonomi agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, (2) bagi dosen, lebih intensif lagi dalam mengontrol dan membimbing mahasiswa untuk lebih terarah dalam pembelajaran (3), bagi prodi, berupaya menunjang fasilitas-fasilitas yang dapat membantu dalam peningkatan literasi ekonomi dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, (4) bagi fakultas, memberikan himbauan mengenai pentingnya literasi ekonomi untuk semua program studi, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis agar mahasiswa dapat lebih nyata lagi dalam perkembangannya, (5) bagi peneliti selanjutnya, agar mempertimbangkan variasi dari sampel yang akan diteliti dan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Nov 2022 09:03
Last Modified: 09 Nov 2022 09:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61020

Actions (login required)

View Item View Item