Feri Setiawan, dan Djaelani,.M.Sn (2022) PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL CAMPURAN DI KELAS 12 IPA 4 SMAN 5 KARAWANG. Feri Setiawan: 176040003. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
Text
Awal.doc.docx Download (106kB) |
|
Text
Abstrak.doc.docx Download (9kB) |
|
Text
Bab I.doc.docx Download (13kB) |
|
Text
Bab II.doc.docx Download (14kB) |
|
Text
Bab III.doc.docx Download (42kB) |
|
Text
Bab IV.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc.docx Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pendekatan andragogi dalam pembelajaran ansambel campuran di SMA Negeri 5 Karawang. Pendidikan orang dewasa atau andragogi merupakan pendidikan yang memiliki fokus pengembangan diri orang dewasa. Kelas 12 memiliki rata-rata umur 17-18 tahun. Fokus dari penelitian ini yaitu mengenai pendekatan andragogi yang dilakukan oleh pengajar terhadap proses dan hasil dalam pembelajaran ansambel campuran di kelas 12 Ipa 4 SMA Negeri 5 Karawang Pendekatan penelitian yang digunakan dalam pendelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Sumber data dari penelitian ini yaitu dari subjek dan objek penelitian. Pengajar seni musik dan siswa kelas 12 Ipa 4 sebagai subjek dan pendekatan andragogi dalam pembelajaran ansambel campuran di kelas 12 Ipa 4 SMA Negeri 5 Karawang sebagai objek penelitian ini. Data diperoleh dari: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data pada penelitian kali ini digunakan teknik triangulasi sumber, yakni membandingkan antara sumber data yang satu dengan yang lain. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, pendekatan andragogi dalam pembelajaran ansambel campuran di kelas 12 Ipa 4 SMA Negeri 5 Karawang dalam prosesnya memiliki korelasi dengan 4 unsur pokok utama andragogi menurut Malcolm Knowles yaitu, 1) Konsep diri, 2) Pengalaman, 3) Kesiapan belajar, 4) Orientasi belajar. Hasil penilaian dari pembelajaran ansambel campuran ini tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran juga setiap kelompok ansambel memiliki otentisitas yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kata kunci: Ansambel, Andragogi, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2022 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 06:35 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60944 |
Actions (login required)
View Item |