SHALSABILLA, APRIDITA (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen Kelas IV SDN Cikawari Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN FIX 2.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK INDO.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABTRAK ING.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa metode, salah satu metodenya adalah Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model discovery learning dan yang tidak diberi perlakukan, serta untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cikawari dengan populasi sebanyak 44 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan kelas A sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa. Dengan menetapkan responden sebagai sampel 20 siswa menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Tes tersebut berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar siswa. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 25.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test, dan uji N Gain ternormalisasi. Penelitian ini berpengaruh secara signifikan dilihat dari rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 43,90 dan pada kelas eksperimen sebesar 46,05 serta hasil rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 82,60 dan pada kelas eksperimen sebesar 84,10. Hasil dari nilai tersebut didasarkan atas hasil uji independent sample t test yang dilihat dari equal variances assumed pada Sig. (2-tailed) dengan nilai sebesar 0,037 < 0,05 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Peningkatan hasil belajar ini didorong juga oleh perhitungan uji n-gain ternomalisasi sebesar 53% pada kelas kontrol dan 63% pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Discovery Learning, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 02:46 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60888 |
Actions (login required)
View Item |