PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP

Ramdhani, Fadjar, 185050023 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1,KAVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
9.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
10.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
11.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kurangnya pemanfaatan fasilitas sumber belajar yang ada menjadi pemicu rendahnya minat belajar siswa, hasilnya siswa menjadi cepat bosan, kurang berkonsentrasi, dan kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat memaksimalkan fasilitas dan teknologi yang sudah ada sekarang. Adapun salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran flipped classroom. Pada pembelajaran dengan model flipped classroom ini, guru meyampaikan tugas pada siswa untuk memahami materi pembelajaran yang akan dipelajari di rumah. Guru menyediakan bahan ajar, video pembelajaran, dan referensi pembelajaran yang dapat mendukung untuk memperoleh pengetahuan dan modal awal sebelum belajar, sehingga terciptanya lingkungan belajar yang fleksibel dan personal berdasarkan kemajuan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah minat belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom. Model penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design atau eksperimen semu melalui pretest dan posttest yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas VIII E sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelompok kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 40 Bandung tahun pelajaran 2021-2022 dengan objeknya yaitu Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom. 2) Minat belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Flipped Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 05 Nov 2022 04:07
Last Modified: 05 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60837

Actions (login required)

View Item View Item