STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA CIREBON DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA DAERAH

Tantri Misswa Rahmah, 182050218 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA CIREBON DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA DAERAH. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA CIREBON DALAM MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA DAERAH” yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran objek wisata Kota Cirebon yang dilakukan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan proses wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan ialah IMC (Integrated Marketing Communication) yang terdapat lima komponen sebagai penunjang analisis penelitian yakni adversiting (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan perseorangan), public relations dan publicity (kehumasan dan publisitas), serta direct marketing (pemasaran langsung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan yang dilakukan Disbudpar menggunakan media sosial Instagram, promosi penjualan dilakukan dengan menggelar acara seperti kegiatan mingguan bernama “malem mingguan ning bale kota”, event dan festival, penjualan perseorangan dilakukan dengan bekerjasama melalui stakeholders, serta pemasaran langsung melalui media sosial dan berinovasi untuk mengajak masyarakat mempromosikan objek wisata setempat. Saran dari peneliti ialah Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon dapat bekerjsama dengan influencer dan biro wisata ternama melalui program endorse, memanfaatkan fitur Meta Ads, memperbanyak konten kreatif, dan melakukan promos harga wisata dengan strategi yang tepat. Kata Kunci: Instagram, Kota Cirebon, Strategi Komunikasi Pemasaran, Wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 05 Nov 2022 02:48
Last Modified: 05 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60811

Actions (login required)

View Item View Item