PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LURAGUNG TONGGOH

Putri, Diah Widhia (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LURAGUNG TONGGOH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL) serta hasil belajar yang diajar menggunakan metode konvensional pada pembelajaran tematik terpadu kelas III SDN Luragung Tonggoh di Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian adalah true experiment. Populasinya adalah siswa kelas III yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 10 orang masing-masing kelas untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan purpose sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh temuan: terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari taraf nyata 0,05 terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari taraf nyata 0,05 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem based learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 05 Nov 2022 01:54
Last Modified: 05 Nov 2022 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60795

Actions (login required)

View Item View Item