Nabilla, Putri, 185060061 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOMTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAHDASAR(Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SDN Cikawari Kecamatan CimenyanKabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa media, salah satunyaadalah google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan google classroom terhadap hasil belajar siswa di sekolah. Sehinggapenelitian ini berusaha untuk menguraikan permasalahan terkait bagaimanapenerapan google classroom di kelas, apakah terdapat pengaruh penggunaan googleclassroom terhadap hasil belajar siswa, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IV dengan menggunakan google classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cikawari dengan populasi sebanyak44siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group designdengan kelas A sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan kelas B sebagai kelaseksperimen sebanyak 22 siswa. Dengan menetapkan responden sebagai sampel 20siswa menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengolahan data dilakukanmenggunakan SPSS 25.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test, dan uji N Gain ternormalisasi. Penelitian ini berpengaruh secarasignifikan dilihat dari rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 38,20 dan pada kelaseksperimen sebesar 41,30 serta hasil rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 80,25danpada kelas eksperimen sebesar 85,10. Hasil dari nilai tersebut dibuktikan berdasarkanhasil uji Independent Sample T Test yang dilihat dari equal variances assumedpadaSig. (2-tailed) dengan nilai sebesar 0,035 < 0,05 yang artinya Ho ditolak danHaditerima. Hasil uji N-gain ternormalisasi terhadap peningkatan hasil belajar siswadengan menggunakan google classroom. Bahwa setelah diberi perlakuan, kedua kelastersebut mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar ini didorongolehperhitungan uji n-gain ternomalisasi sebesar 53% pada kelas kontrol dan 63%padakelas eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwapenggunaan google classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolahdasar. Kata Kunci: Google Classroom dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 01:29 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 01:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60785 |
Actions (login required)
View Item |