PAMUNGKAS, NOEGY AGUNG, 185050064 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrac.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (446kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (494kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematis sangat penting karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada pembelajaran kurikulum 2013, namun pada kenyataannya kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Resource Based Learning berbantuan Google Classroom, pencapaian SelfConfidence siswa yang memperoleh model Resource Based Learning dan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan representasi matematis dan SelfConfidence siswa yang memperoleh model Resource Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memberikan informasi pembelajaran matematika dengan model Resource Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis dan Self-Confidence. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI tahun ajaran 2021/2022 di salah satu sekolah SMAN di kota Bandung dengan sampel 60 siswa, diantaranya 30 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan model Resource Based Learning dan 30 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan representasi matematis dan angket self-confidence. Data yang terkumpul diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh: 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model resource based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) self-confidence siswa yang memperoleh model resource based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 3) terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model resource based learning berbantuan google classroom. Kata Kunci: Representasi Matematis, Self-Confidence, Model Resource Based Learning, Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:40 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60752 |
Actions (login required)
View Item |