PENERAPAN.METODE.COOPERATIVE ROUND TABLE.DALAM PEMBELAJARAN.MENULIS CERPEN YANG.BERORIENTASI.PADA.NILAI SOSIAL.UNTUK.PESERTA.DIDIK.KELAS.VIII.SMP PGRI 1 CAMPAKA

NURANNISA, ISMI DWI, 185030014 (2022) PENERAPAN.METODE.COOPERATIVE ROUND TABLE.DALAM PEMBELAJARAN.MENULIS CERPEN YANG.BERORIENTASI.PADA.NILAI SOSIAL.UNTUK.PESERTA.DIDIK.KELAS.VIII.SMP PGRI 1 CAMPAKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.KAVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
8.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
9.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan menulis menjadi salah satu hal yang dianggap sulit oleh peserta didik, karena dalam pembelajaran menulis peserta didik kesulitan dalam merangkai kata dan kesulitan dalam mengungkapkan ide kedalam sebuah tulisan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah penerapan metode cooperative round table dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Adapun menulis cerpen berkaitan dengan struktur dan kaidah. Penggunaan metode cooperative round table dalam pembelajaran menulis cerpen diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong royong pada peserta didik. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan peneliian mengenai pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode cooperative round table untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Campaka. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut. 1) bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas VIII kelompok eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran menulis cerpen yang berorientasi pada nilai sosial menggunakan metode cooperative round table?, 2) tepatkah metode cooperative round table digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek untuk kelas VIII SMP PGRI 1 Campaka? Adapun hasil penelitian yaitu hasil penilaian sikap pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 3,4 dan pada kelas kontrol dengan nilai 3,2 kedua kelas tersebut digolongkan baik. Berdasarkan penelitian ini diperoleh data sebagai berikut.(1)nilai prates pada kelas eksperimen dengan skor berjumlah 491,1 dengan nilai rata-rata 24,7;(2)nilai pascates pada kelas eksperimen dengan skor berjumlah 1440,0 dengan nilai rata-rata 72,0;(3)nilai prates pada kelas kontrol dengan skor berjumlah 546,6 dengan nilai rata-rata 27,3;(4)nilai pascates pada kelas kontrol dengan skor 820 dengan nilai rata-rata 40. Dan uji hipotesis menggunakan independent t-test dan wicolxon dapat diketahui bahwa hasil data nilai dari Asymp Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Maka, Ha diterima karena nilai tersebut kurang dari 0,05 dan dapat dikatakan bahwa metode cooperative round table efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Kata Kunci : Cooperative Round Table, Sosial, Cerpen, Keterampilan, Menulis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:15
Last Modified: 04 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60710

Actions (login required)

View Item View Item