PERAN MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP SUMATRA 40 BANDUNG

SUPRIATNA, YUNUS, 185010019 (2022) PERAN MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP SUMATRA 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstract.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. bab I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. bab II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
11. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
12. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan karakter serta pengimplementasiannya pada peserta didik di SMP Sumatra 40 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bersifat naratif, dimana hasil analisis di deskripsikan secara naratif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket serta beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil penelitian peran mata pelajaran PPKN dalam meningkatkan pendidikan karakter di SMP Sumatra 40 Bandung yaitu terdapat dimensi beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, dan berahklah mulia meliputi 5 unsur yaitu akhlak religius, karakter pribadi, moralitas terhadap manuusia, moralitas terhadap alam, dan moralitas negara. Terdapat dimensi berkebhinekaan global meliputi pelajar yang dapat memelihara budaya luhur, lokalitas dan jati diri, serta tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga dapat menumbuhkan sikap saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Terdapat dimensi bergotong royong adapun unsurnya meliputi gotong royong, peduli, dan berbagi. Terdapat dimensi mandiri unsurnya meliputi kesadaran akan diri sendiri dan situasi yang dihadapi dan pengaturan diri. Terdapat dimensi bernalar kritis adapun unsur-unsur penalaran kritis adalah memperoleh dan mengolah informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksikan pemikiran dan proses berpikir dalam mengambil keputusan. dan terdapat dimensi kreatif adapun unsurnya yaitu menghasilkan ide-ide orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan orisinal serta memiliki fleksibilitas berpikir dalam menemukan solusi alternatif untuk masalah. Hasil analisis ini selanjutnya disesuikan dengan tuntutan kurikulum merdeka yang berisi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). Kata Kunci: mata pelajaran PPKN, pendidikan karakter, profil pelajar pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:36
Last Modified: 03 Nov 2022 08:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60686

Actions (login required)

View Item View Item