PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MEDIA FILM PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS X (Quasi Eksperimen di Kelas X MA Al-Hidayah Toboali)

Rizaldi, Daffi (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MEDIA FILM PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS X (Quasi Eksperimen di Kelas X MA Al-Hidayah Toboali). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media film pendek pada peserta didik kelas X MA Al-Hidayah Toboali; mengetahui perbedaan kemampuan awal dan akhir peserta didik kelas X MA Al-Hidayah Toboali dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan media film pendek; serta mengetahui efektifitas media film pendek dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X MA Al-Hidayah Toboali. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam materi menulis teks biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya telaah pustaka, observasi, dan tes. Selanjutnya, hasil penelitian yaitu: pertama, kemampuan peneliti dalam merencanakan pembelajaran memeroleh nilai 3,77 dengan kategori baik sekali, dan kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran memeroleh nilai sebesar 3,44 dengan kategori baik. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan awal dan akhir peserta didik kelas X MA Al-Hidayah Toboali dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan media film pendek. Berdasarkan uji Wilcoxon Test membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ha2 diterima. Ketiga, efektifitas media film pendek dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X MA Al-Hidayah Toboali. Berdasarkan uji Mann-whitney Test membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,049 lebih kecil dari 0,05, maka Ha3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks biografi dengan media film pendek pada peserta didik kelas X (quasi eksperimen di kelas X MA Al-Hidayah Toboali) berhasil. Kata Kunci: Menulis, Teks Biografi, Film Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:07
Last Modified: 03 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60638

Actions (login required)

View Item View Item