CITRA DIRI MAHASISWA DI MEDIA SOSIAL (Studi Dramaturgi Citra Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan di Media Sosial Instagram)

Fitri Aura Aprilia, 182050304 (2022) CITRA DIRI MAHASISWA DI MEDIA SOSIAL (Studi Dramaturgi Citra Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan di Media Sosial Instagram). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
D. ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. KATA PENGANTAR.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. PENGESAHAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
L. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB 2.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Citra Diri Mahasiswa Di Media Sosial (Studi Dramaturgi Citra Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan di Media Sosial Instagram).” Fokus penelitian ini ialah bagaimana citra diri mahasiswa Unpas dalam media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi Dramaturgi Erving Goffman. Subjek penelitiannya ialah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada panggung depan (front stage) dari mahasiswa Universitas Pasundan dalam mempresentasikan citra diri nya cukup baik, tujuannya agar hal tersebut dapat diterima oleh khalayak. Pada panggung belakang (back stage) mahasiswa Universitas Pasundan menjadi diri mereka sendiri. Dalam memainkan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage), para aktor mengartikan bahwa citra diri merupakan hal paling utama dalam membangun sebuah filosofi yang baik yang dapat diberikan terhadap orang lain. Keismpulan yang dapat diambil ialah, bahwa mahasiswa FISIP Universitas Pasundan memerankan peran yang berbeda antara panggung depan dan panggung belakang. Perilaku yang tumbuh karena di media sosial Instagram dimanfaatkan sebagai presentasi diri untuk mendapatkan kesan yang sesuai dengan harapkan. Citra diri yang dibentuk oleh informan dapat dilihat dari postingan kegiatan dalam media sosial Instagram. Kata Kunci: Citra Diri, Mahasiswa, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 02 Nov 2022 05:25
Last Modified: 02 Nov 2022 05:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60581

Actions (login required)

View Item View Item