PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGAYAAN PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT.BATAVIA ALUMINDO INDUSTRI KABUPATEN TANGERANG

Febry Luthfiyah Putri, 184010204 and Dr. Hj. Erni Rusyani SE, MM., Pembimbing (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN PENGAYAAN PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT.BATAVIA ALUMINDO INDUSTRI KABUPATEN TANGERANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kepuasan kerja karyawan sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena karyawan adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan, karena karyawan dalam bekerja merasa kurang nyaman, kurang dihargai dan tidak bisa potensi yang dia miliki, maka secara otomatis karyawan tidak dapat fokus dan konsentrasi secara penuh terhadap pekerjaannya. Pada penelitian ini kepuasan kerja karyawan dapat dipengaruhi oleh karakteristik pekerjaan dan pengayaan pekerjaan. Karakteristik pekerjaan merupakan sifat tugas karyawan yang meliputi macam tugas, tanggung jawab, dan tingkat kepuasan yang diperoleh dari karakteristik pekerjaan itu sendiri, sedangkan sebuah metode untuk memperkaya tugas karyawan secara vertikal, yaitu menambahkan tugas karyawan lebih tinggi dari posisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh karakteristik pekerjaan dan pengayaan pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT.Batavia Alumindo Industri Kabupaten Tangerang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT.Batavia Alumindo Industri Kabupaten Tangerang sebanyak 105 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dan sampel yang diambil ditentukan sebanyak 105 responden/pegawai. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah studi lapangan dan kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa variabel karakteristik pekerjaan dan pengayaan pekerjaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Besarnya tingkat hubungan karakteristik pekerjaan dan pengayaan pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan, bedasarkan hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,846 yang artinya adanya hubungan yang kuat terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT.Batavia Alumindo Industri Kabupaten Tangerang. Besarnya pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Pengayaan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, berdasarkan hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,716 atau 71,6% sedangkan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Karakteristik Pekerjaan, Pengayaan Pekerjaan, dan Kepuasan Kerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:06
Last Modified: 01 Nov 2022 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60458

Actions (login required)

View Item View Item