FEBBY GHANESWARI, 182030218 (2022) STRATEGI INDONESIA MELALUI PROGRAM WONDERFUL INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN AUSTRALIA KE INDONESIA TAHUN 2015-2019. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Wonderful Indonesia merupakan salah satu nation branding yang diciptakan pemerintah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia, sekaligus untuk memberikan citra positif Indonesia di mata internasional. Sebelumnya pemerintah meluncurkan “Visit Indonesia Year‟ sebagai nation branding Indonesia tahun 1992. Lalu ada “Visit Indonesia‟ di tahun 2000 sebagai tema tahunan pariwisata Indonesia dan branding Indonesia di mata dunia internasional. Sebagai upaya untuk menjelaskan arah dan tujuan umum dari pembahasan peneliti, maka penulis harus memiliki tujuan yang jelas yang berkaitan dengan penelaahan, pemahaman serta pengembangan tentang bidang yang sedang diteliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perkembangan wisatawan asing asal Australia dari tahun 2015-2019. (2) Untuk mengetahui tingkat kunjungan wisatawan asing asal Australia dari tahun 2015-2019 melalui program wonderful Indonesia. (3) Untuk mengetahui bagaimana program pemerintah Indonesia melalui program Wonderful Indonesia dalam meningkatkan wisatawan asing asal Australia dari tahun 2015- 2019. Wonderful Indonesia sebagai program diplomasi kebudayaan pemerintah Indonesia juga melakukan aktivitas advocacy melalui program yang dirancang sebagai upaya meningkatkan kepercayaan wisatawan mancanegara yang berasal dari Australia dimana aktvitas ini dilaksanakan di Australia. Wonderful Indonesia merupakan sebuah contoh dari sebuah aktivitas Cultural diplomacy. Hal ini dikarenakan Wonderful Indonesia itu sendiri membawa misi untuk memperkenalkan kebudayaan seperti contohnya Festival Indonesia. Wonderful Indonesia memiliki serangkaian program yang berkait dengan kebudayaan Indonesia terkhususnya Bali, seperti pada program Festival Indonesia yang sejauh ini selalu diselenggarakan setiap tahun dan sekarang telah menjadi Ikon Budaya di Canberra, ibu kota Australia. Aktivitas diplomasi kebudayaan yang terakhir yang dijelaskan oleh Cull adalah International Broadcasting. Pemerintah Indonesia telah melakukan aktivitas International Broadcasting, dengan cara bekerja sama dengan media partner, mengiklankan program Wonderful Indonesia ditengah pusat kota dan mengiklankan program Wonderful Indoensia di transportasi publik di Australia. Kata Kunci: Wonderful Indonesia, advocacy, Cultural diplomacy dan International Broadcasting
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60436 |
Actions (login required)
View Item |