PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING NETWORK SECURITY MENGGUNAKAN INTRUSION DETECTION SYSTEM SNORT DENGAN LOG ANALISIS SPLUNK (Studi Kasus : PT. H-One Kogi Prima Auto Technologies Indonesia)

Febrianto, Herdy Imam (2022) PEMBANGUNAN SISTEM MONITORING NETWORK SECURITY MENGGUNAKAN INTRUSION DETECTION SYSTEM SNORT DENGAN LOG ANALISIS SPLUNK (Studi Kasus : PT. H-One Kogi Prima Auto Technologies Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
herdy_183040108_teknik informatika.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Kejahatan dunia siber di internet yang cepat meluas dikalangan saat ini dapat memasuki sebuah jaringan hingga merusak dan meretas sebuah sistem, menjadi permasalahan pada perusahaan maupun institusi dalam aspek keamanan informasi. Seringkali jaringan tersebut mengalami down pada pelayanan, dan pencurian informasi yang terjadi antara jaringan yang di susupi oleh peretas dengan metode pengujian yang beragam dilakukan oleh penyusup dan memungkinkan adanya penyusup yang mengakses informasi penting dalam perusahaan maupun institusi tersebut. Walau belum bisa dipastikan jaringan bermasalah dikarenakan kesalahan teknis. Untuk itu pada penelitian ini penulis menawarkan sistem monitoring dalam pengamanan insiden jaringan menggunakan Intrusion Detection System (IDS) yang di integrasikan dengan manajemen log SIEM yang dilakukan pada mesin virtual di lingkungan jaringan internal server PT. H-One Kogi Prima Auto Technologies Indonesia, untuk dipasangkan di jaringan yang diperlukan dalam proses monitoring. IDS sendiri bertugas sebagai pengawas sistem yang akan melakukan identifikasi akses oleh siapa saja yang menggunakan sistem. Hal ini dapat membantu admin dalam mengamankan sebuah sistem dengan rules yang dapat di kostumasi serta konfigurasi sesuai kebutuhan proses monitoring dan direkam secara real-time Kata kunci : IDS, Snort 3, SIEM, keamanan jaringan, Splunk

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 29 Oct 2022 06:44
Last Modified: 29 Oct 2022 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60328

Actions (login required)

View Item View Item