PEGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa XII IPS SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN 2022/2023)

AGUSTYN, DWINI, 185020039 (2022) PEGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa XII IPS SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bagi siswa. (ii) untuk mengetahui pengaruh pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan siswa ke perguruan tinggi (iii) untuk mengetahui berapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke keperguruan tinggi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. data diolah menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) 22 For windows. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (i) Hasil uji parsial pada penelitian ini menunjukan hasil sebesar 1,159 < 1,985 dan nilai t hitung < nilai t tabel. Nilai signifikan tersebut 0,250 > 0,005 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (ii) Hasil uji parsial pada penelitian ini menunjukan hasil sebesar - 0,027 < 1,985 dan nilai t hitung < nilai t tabel. Nilai signifikan tersebut 0,978 > 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (iii) Berdasarkan hasil uji t diatas dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel kondisi sosial (X1) dan Pendidikan Orangtua (X2) terhadap variabel motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (Y). Sebagai akhir dari penelitian, penulis nenyampaikan saran sebagai berikut : (i) bagi siswa, diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan tanpa harus melihat faktor kondisi sosial ekonomi dan pendidikan oangtua (ii) Bagi pendidik, diharapkan pendidik dapat menekankan bahwa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak dijadikan tolak ukur mengenai kondisi sosial ekonomi dan pendidikan orangtua. (iii) Bagi sekolah, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa dalam mencapai motivasi pendidikan bagi siswa yang ingin melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi. (iv) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat dijadikan salah satu sumber dan referensi untuk dijadikan acuan penelitian serupa dan diharapkan dapat mencari lebih banyak sumber informasi dan referensi terkait pembahasan penelitian ini. Dan diharapkan lebih mempersiapkan diri dalam melaksanakan penelitian ini agar penelitian terlaksana dengan efektif dan efisien sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Kondisi sosial ekonomi, Pendidikan orangtua dan Motivasi melanjukan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:02
Last Modified: 28 Oct 2022 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60281

Actions (login required)

View Item View Item