PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa IPS di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

PUSPITA, JULIANTI DUWI (2022) PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa IPS di SMA Nasional Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (i) seberapa besar pengaruh Self-Confidence terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS SMA Nasional Bandung, (ii) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS SMA Nasional Bandung, (iii) seberapa besar pengaruh SelfConfidence dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS SMA Nasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan instrument tes. Adapun hasil penelitian yaitu (i) Hasil uji koefisien determinasi variabel self-confidence terhadap hasil belajar diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 56%, hal ini berarti bahwa variabel bebas (Self-Confidence) dapat menjelaskan variasi variabel terikat (Hasil Belajar) sebesar 56%. (ii) selanjutnya, hasil uji koefisien determinasi variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 55%, hal ini berarti bahwa variabel bebas (Motivasi Belajar) dapat menjelaskan variasi variabel terikat (Hasil Belajar) sebesar 55%. (iii) berikutnya, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi self-confidence dan motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 69%, hal ini berarti bahwa variabel bebas (Self-Confidence dan Motivasi Belajar) dapat menjelaskan variasi variabel terikat (Hasil Belajar) sebesar 69%. Sebagai akhir penelitian menyarankan kepada: (i) bagi siswa, diharapkan dapat mempertahankan hasil belajar siswa dengan cara konsisten dan dapat meningkatkan Self-Confidence serta Motivasi Belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi. (ii) bagi guru, dapat menjadikan bahan informasi dalam usaha untuk melakukan peningkatan hasil belajar siswa dan mengembangkan self-confidence serta motivasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi. (iii) bagi sekolah, diharapkan dapat tetap memperhatikan, meningkatkan serta mempertahankan program kegiatan dalam peningkatan selfconfidence dan motivasi belajar siswa. (iv) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam tentang self-confidence dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di kelas yang berbeda dan di sekolah yang lain. Kata Kunci: Self-Confidence, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:59
Last Modified: 28 Oct 2022 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60262

Actions (login required)

View Item View Item