GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NATION BRANDING KOREA SELATAN DI INDONESIA

Nabila Rahmani, 182030053 (2022) GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NATION BRANDING KOREA SELATAN DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berjalannya globalisasi yang membuat tidak adanya batasan antar suatu negara dengan negara lainnya. Hal ini membuat gastrodiplomasi atau strategi berdiplomasi melalui makanan khas suatu negara menjadi hal yang cukup ampuh untuk dipraktekan menjadi media diplomasi dan sekaligus juga menjadi daya tarik akan suatu negara itu sendiri. Salah satunya yaitu negara Korea Selatan yang yang paling aktif mengenalkan budaya seni mereka termasuk budaya kuliner khas Korea Selatan yang kini sedang digandrungi masyarakat global. Semua berawal dari adanya Korean Wave, atau istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea Selatan secara global. Setelah adanya Korean Wave ini, kebudayaan Korea Selatan mulai dikenal tidak hanya dalam bidang seni saja namun dalam makanan khas Korea Selatan juga sudah banyak masyarakat yang tahu. Tujuan dibuatnya karya tulis ini mengulas keterkaitan makanan khas Korea Selatan dengan peningkatan Nation Branding Korea Selatan yang ada di Indonesia serta mencari tahu pentingnya gastrodiplomasi dalam masalah tersebut dan juga menelaah keberhasilan yang dapat menjadi inspirasi bagi gastrodiplomasi Indonesia itu sendiri. Penelitian karya tulis ini menggunakan metode Deskriptif-Kualitatif yang dimana metode yang bertujuan untuk menjelaskan peristiwa secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, menilai, memverifikasi dan mensintesis bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai konklusi yang dapat dipertahankan secara aktual. Metode kualitatif dipilih untuk menjelaskan suatu fenomena sedalam-dalanya dengan mencari data yang sedalam-dalamnya pula. Adapun beberapa program sebagai upaya mempromosikan kuliner yang dilakukan oleh Korea Selatan. Salah satunya adalah program Global Hansik Korean Cuisine to the World yang bertujuan untuk mempromosikan kuliner khas Korea Selatan dan juga mengenalkan sejarah sekaligus ilmu tentang makanan khas Korea Selatan kepada dunia global. Indonesia menjadi salah satu negara yang menyambut baik program Global Hansik Korean Cuisine itu dan menjadi suatu langkah yang baik juga untuk Korea Selatan dalam meningkatkan Nation Branding di Indonesia. Kata Kunci : Kuliner, Gastrodiplomasi, Nation Branding Korea Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:39
Last Modified: 28 Oct 2022 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60261

Actions (login required)

View Item View Item