PENGARUH SERIAL MAHABHARATA TERHADAP APRESIASI MASYARAKAT INDONESIA KEPADA KEBUDAYAAN INDIA (STUDI KASUS : DIPLOMASI BUDAYA INDIA DI INDONESIA)

Vina Novianti Sopian, 182030005 (2022) PENGARUH SERIAL MAHABHARATA TERHADAP APRESIASI MASYARAKAT INDONESIA KEPADA KEBUDAYAAN INDIA (STUDI KASUS : DIPLOMASI BUDAYA INDIA DI INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
3. Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I Skripsi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II Skripsi.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Kata Pengantar Skripsi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Budaya juga merupakan ciri khas dari suatu negara sebagai warisan dari leluhur dan menandakan bahwa budaya ini terlahir dari negara yang memiliki ciri khas tersendiri seperti India yang selalu menyematkan budayanya dalam film yang diproduksinya untuk dikenal oleh dunia internasional. Difusi budaya melalui diplomasi merupakan jalan yang dapat mendialogkan nilai yang terkandung dalam budaya kepada masyarakat yang lebih luas. Film sebagai alat berdiplomasi dalam mengkomunikasikan nilai budaya bangsa tentunya tidak diragukan lagi. Namun terdapat sisi negatifnya, banyaknya film dari luar negara yang mengandung unsur kebudayaan yang masuk ke Indonesia, berpotensi mengikis budaya asli di Indonesia. Mahabharata bukan hanya hiburan untuk masyarakat namun terdapat unsur–unsur budaya India yang ditonjolkan dari serial tersebut. Tidak hanya berdampak pada masyarakat tentu juga berdampak pada ekonomi dan hubungan diplomatik kedua negara. Melalui serial ini juga diharapkan memperkuat hubungan kedua negara India dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan soft power dan peneliti bertujuan untuk meneliti bagaimana hubungan diplomatik India dengan Indonesia sebelum dan sesudah tayangnya serial Mahabharata ini, lalu dampak apa saja yang telah berpengaruh pada kedua negara tersebut dan solusi untuk menjaga budaya asli Indonesia dan tetap menerima budaya luar. Kata kunci: Diplomasi, Budaya, Mahabharata.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:59
Last Modified: 28 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60220

Actions (login required)

View Item View Item