Dino Ferdiansyah, 182030008 (2022) DIPLOMASI HALLYU KOREA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN EKSPOR PRODUK KOSMETIK KOREA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (42kB) |
||
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
Daftar Tabel, Grafik & Gambar.docx Download (40kB) |
||
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Dengan masuknya diplomasi Hallyu ke Indonesia oleh Korea Selatan yang bertujuan tidak hanya untuk membangun citra baik negaranya akan tetapi juga bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pasar strategis untuk berbagai produk asal negaranya, Mulai dari produk hiburan, sampai kosmetik dan skincare. Dengan memasukkan konten-konten guna tujuan promosip yang berisikan produk asli negaranya dalam bentuk budaya populer Hallyu seperti drama, film dan lainnya yang mana membuat ketertarikan oleh masyarakat Indonesia terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh Korea Selatan. Yang dalam fokus kali ini adalah produk kosmetik yang merupakan suatu kebutuhan terutama bagi para wanita untuk tampil percaya diri, berpenampilan baik serta untuk memiliki wajah yang bersih dan sehat yang mana berimbas pada dinamika pasar kosmetik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bentuk diplomasi Korea Selatan melalui Hallyu, mengetahui bagaimana kondisi pasar kosmetik di Indonesia, serta mengetahui bagaimana implikasi dari diplomasi Hallyu terhadap meningkatnya ekspor produk kosmetik Korea Selatan di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik studi kepustakaan dengan melakukan penelaahan terhadap data-data yang bersifat kredibel mengenai topik penelitian yang diambil. Dalam menganalisis data, peneliti meggunakan model analisis interaktif dengan menyaring data yang dipelukan dan menyajikannya dengan cara deskriptif sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian, dan terakhir adalah menyusun analisis akhir yang berbentuk laporan hasil penelitian. Hipotesis dari penelitian ini adalah “ Dengan diplomasi Hallyu yang dilakukan Korea Selatan di Indonesia dengan mendorong peredaran konten-konten Hallyu maka berdampak terhadap peningkatan ekspor produksi kosmetik Korea di Indonesia yang ditandai dengan peredaran serta maraknya penggunaan produkproduk dari Korea Selatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia” Yang mana dapat disimpulkan bahwasanya dengan maraknya produk kosmetik dari Korea Selatan di pasar Indonesia akibat diplomasi Hallyu dengan menggunakan para aktor-aktor yang berpengaruh mampu menarik perhatian masyarkat Indonesia sehingga mampu diterima oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Kata Kunci : Diplomasi Hallyu, Kebijakan Luar Negeri, Hallyu, Korea Selatan, Budaya Populer
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 07:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60167 |
Actions (login required)
View Item |