KONVERGENSI RADIO DALAM UPAYA PERLUASAN PENDENGAR DAN PENGEMBANGAN KONTEN

Intan Khusnul K, 182050169 (2022) KONVERGENSI RADIO DALAM UPAYA PERLUASAN PENDENGAR DAN PENGEMBANGAN KONTEN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KONVERGENSI RADIO DALAM UPAYA PERLUASAN PENDENGAR DAN PENGEMBANGAN KONTEN” dengan sub judul (Studi Deskriptif Kualitatif Konvergensi MGTRADIO dalam Memperluas Pendengar dan Mengembangkan Konten Digital). MGT Radio Bandung merupakan salah satu radio swasta yang menerapkan konvergensi media dengan melakukan penggabungan antara media baru dan media konvensional. Konvergensi Media memberikan peluang bagi MGT Radio untuk mengembangkan berbagai konten di platform media sosialnya sehingga dapat menambah atau memperluas pendengarnya karena jangkauan pengguna internet yang cukup luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dimensi dasar konvergensi media dalam upaya perluasan pendengar dan pengembangan konten di MGT Radio Bandung. Dimensi dasar ini meliputi beberapa tahapan yaitu konvergensi teknologi, konten multimedia, kolaborasi dan koordinasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori konvergensi media Grant & Wilkinson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktiknya MGT Radio Bandung telah menerapkan empat tahapan dimensi dasar konvergensi media: (1) Dalam praktik dimensi konvergensi teknologinya MGT Radio telah mengalami perubahan dari radio analog menjadi radio digital sehingga jangkauan pendengar dapat lebih luas lagi; (2) Pada dimensi konten multimedia MGT Radio dalam menyampaikan informasinya mengalami perubahan dari bentuk audio saja menjadi audiovisual yang dibagikan di berbagai platform media sosialnya; (3) pada dimensi kolaborasi dan koordinasi MGT Radio telah melakukan kerjasama dengan pihak eksternal maupun internal dalam hal periklanan, branding, serta pengembangan konten. Konvergensi media telah mempengaruhi MGT Radio sehingga dapat meningkatkan jumlah pendengar tak hanya didalam kota melainkan juga luar kota dengan mengedepankan konsistensi dan kreatifitasnya dalam membuat konten. Kata Kunci : Konvergensi Media, MGT Radio, Konvergensi Teknologi, Konten Multimedia, Kolaborasi dan Koordinasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:34
Last Modified: 27 Oct 2022 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60122

Actions (login required)

View Item View Item