PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI MORAL PADA BIOGRAFI H.O.S. TJOKROAMINOTO MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE FORMULIR DI KELAS X SMK WAHIDIN KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MAULIDA, INDAH MIEN (2022) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI MORAL PADA BIOGRAFI H.O.S. TJOKROAMINOTO MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE FORMULIR DI KELAS X SMK WAHIDIN KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi yakni kurangnya kemampuan peserta didik dalam memahami teks biografi. Hal ini juga akan memengaruhi kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi sebuah teks biografi. Teks biografi berisikan perjalanan hidup dan peristiwa yang terjadi semasa tokoh hidup. Hal tersebut selalu ada dalam benak peserta didik padahal biografi memuat nilai-nilai moral yang berguna bagi peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai moral pada teks biografi. Teks biografi yang penulis gunakan yakni biografi H.O.S. Tjorkoaminoto. Penelitian ini juga menguji penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidenitifikasi nilai moral pada teks biografi dengan menggunakan model discovery learning. Penulis juga menguji keefektifan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Wahidin Kota Cirebon tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian, menulis dapat menyimpulkan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidenitifikasi nilai moral pada teks biografi dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini didukung dengan rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata nilai 3,50 termasuk kategori baik sekali. 2) Peserta didik kelas X SMK Wahidin Kota Cirebon mampu mengidentifikasi nilai moral pada teks biografi. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata pretes sebesar 61,56 dan postes sebesar 84,10, dengan selisih kenaikan sebesar 22,54. 3) Model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai moral pada teks biografi. Hal ini didukung dari perhitungan statistik dengan nilai signifikasi sebesar 0.015≤ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai moral pada biografi H.O.S. Tjokroaminoto Dengan Media Google Formulir Di Kelas X SMK Wahidin Kota Cirebon dibandingkan dengan menggunakan model Inquiry. Kata Kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, nilai moral, model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:20
Last Modified: 27 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60115

Actions (login required)

View Item View Item