RANCANG BANGUN APLIKASI E-VOTING BERBASIS MOBILE DENGAN FRAMEWORK FLUTTER (STUDI KASUS: PEMILU RAYA MAHASISWA HMTIF-UNPAS)

Firdaus, Ridha Ahmad (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI E-VOTING BERBASIS MOBILE DENGAN FRAMEWORK FLUTTER (STUDI KASUS: PEMILU RAYA MAHASISWA HMTIF-UNPAS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ridha Ahmad Firdaus_183040083_Teknik Informatika.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/60112/

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, kemajuan teknologi terus mempermudah kita salah satunya yaitu e-voting. E-voting berasal dari kata electronic voting yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi pada pelaksanaan pemungutan suara. Aplikasi e-voting ini bisa menjadi terobosan baru bagi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pasundan, karena pada waktu-waktu sebelumnya pemungutan suara pemilihan ketua umum Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pasundan hanya dilakukan melalui website. Ada beberapa kelebihan dari aplikasi mobile itu sendiri, yang bisa dijadikan pertimbangan untuk bermigrasi dari website ke aplikasi mobile, seperti; tampilan yang lebih user friendly, adanya push notifications, pemilih hanya perlu meng- install aplikasinya sekali, dan pengguna smartphone menghabiskan 88% waktunya di dalam aplikasi mobile. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi e-voting berbasis mobile dengan framework Flutter. Penelitian dilakukan dengan melakukan menentukan topik, identifikasi masalah, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian, deployment sampai pemeliharaan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi e-voting berbasis mobile dengan framework Flutter. Kata kunci: e-voting, aplikasi berbasis mobile, flutter, hybrid, android, ios

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60112

Actions (login required)

View Item View Item