Permatasari, Yuliyanti Nurhaniyah (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMAN 22 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER YULIYANTI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 berkaitan dengan pendekatan saintifik, peserta didik memperoleh informasi dari data yang ditemukannya dari berbagai sumber yang relevan. Pembelajaran yang terintegrasi dengan kegiatan ilmiah diantaranya model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mengenai perbandingan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni peserta didik SMAN 22 Bandung kelas XI dengan sampel kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang diberikan perlakuan model pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem reproduksi pada manusia dengan hasil uji-t menunjukan t-tabel (2,00) > t-hitung (0,103), disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Peningkatan skor lebih terlihat pada kelas yang menggunakan model pembelajaran (PBL) dengan rata-rata n-gain 32,28. Hasil uji angket menunjukan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dan PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk materi sistem reproduksi hasil belajar peserta didik lebih baik pada pembelajaran dengan model PBL. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan kedua model pembelajaran ini, guru harus berperan aktif dan memperhitungkan waktu pelaksanaan dengan baik untuk keberlangsungan pembelajaran secara kondusif. Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, sistem reproduksi pada manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:48 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60100 |
Actions (login required)
View Item |