PEMBANGUNAN APLIKASI WEB LAYANAN SOSIAL KARANG TARUNA MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 (STUDI KASUS : KARANG TARUNA KELURAHAN SARIJADI KOTA BANDUNG)

Imbaloputra, Azvya Erstevan (2022) PEMBANGUNAN APLIKASI WEB LAYANAN SOSIAL KARANG TARUNA MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 (STUDI KASUS : KARANG TARUNA KELURAHAN SARIJADI KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Azvya Erstevan Imbaloputra_183040111_Teknik Informatika.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/60099/

Abstract

Karang Taruna Kelurahan Sarijadi merupakan organisasi pemuda di wilayah Kelurahan Sarijadi yang memiliki peran untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakatnya, tentu dengan kegiatan seperti pelayanan sosial. Adapun untuk dapat mendukung kegiatan tersebut, Karang Taruna perlu masukkan dari masyarakat, baik dalam bentuk kritik dan saran, maupun dalam bentuk data seperti data PMKS dan PSKS. Data tersebut seringkali tidak relevan karena hanya diperbarui setiap satu hingga tiga tahun sekali dan dapat mengakibatkan kegiatan pelayanan sosial bisa salah sasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan pembaruan data untuk mendapatkan data yang paling mutakhir yang mana salah satu caranya adalah dengan melakukan pendataan secara dua arah, seperti masyarakat yang bisa mengirimkan laporan kepada Karang Taruna Kelurahan Sarijadi melalui aplikasi pelayanan sosial. Selain itu, kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan aplikasi ini juga ditentukan dari kualitas informasi Karang Taruna Kelurahan Sarijadi yang ditampilkan sebagai profil Karang Taruna di halaman depan aplikasi web ini. Penelitian ini dilakukan untuk membangun Aplikasi Web Pelayanan Sosial Karang Taruna Kelurahan Sarijadi, dengan Codeigniter 4. Penelitian dilakukan dengan metode pengembangan Cowboy Methodology, yaitu salah satu metode adaptasi dari agile yang dapat digunakan oleh pengembang mandiri, yang diawali dari proses pertemuan awal untuk menentukan arah pengembangan, perancangan, implementasi, pertemuan rutin untuk melakukan verifikasi dan validasi, hingga tahap deployment secara rutin dan bertahap. Adapun aplikasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah berupa aplikasi berbasis web yang nantinya dapat digunakan bagi Karang Taruna Kelurahan Sarijadi, maupun masyarakat umum demi terwujudnya kegiatan pelayanan sosial. Kata kunci : Aplikasi web, pelayanan sosial, PMKS, PSKS, Karang Taruna, Codeigniter 4, PHP.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:46
Last Modified: 27 Oct 2022 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60099

Actions (login required)

View Item View Item