PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Suatu Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Elsa Cika Andini, 184020016 and Dr.H.Atang Hermawan,S.E.,MSIE.AK, Pembimbing (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Suatu Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Menurunnya nilai perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate tercermin dari anjloknya harga saham yang antara lain disebabkan oleh penurunan laba, meningkatnya utang perusahaan, serta rendahnya kepemilikan institusional. Penurunan nilai perusahaan juga didorong oleh kebijakan yang diterapkan dalam perusahaan. Beberapa peneliti sebelumnya melakukan penelitian terhadap nilai perusahaan, namun hasilnya tidak konsisten. Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian replikasi dan menambahkan konservatisme akuntansi sebagai variabel moderating dengan rancangan penelitian yang lebih valid. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional, nilai perusahaan, dan konservatisme akuntansi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di BEI periode 2018-2020. Serta, mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan dengan konservatisme akuntansi sebagai variabel moderating. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu 48 Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel 16 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, moderated regression analysis (MRA) dan koefisien determinasi. Sedangkan, pengujian hipotesis yang digunakan adalah metode statistik uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) menggunakan IBM statistik SPSS versi 25. Hasil ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan konservatisme akuntansi memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan, Konservatisme Akuntansi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2018
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 26 Oct 2022 12:47
Last Modified: 26 Oct 2022 12:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item View Item