IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS: PELAYANAN PARKIR DI JALAN BRAGA)

FEMMY RISMALA DEWI, 182010042 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS: PELAYANAN PARKIR DI JALAN BRAGA). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Retribusi pelayanan parkir di Kota Bandung memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah yang cukup besar, dimana salah satu potensi terbesarnya berasal dari sektor pelayanan parkir. Dalam memaksimalkan potensi tersebut maka Pemerintah Daerah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012dan Peraturan Walikota Bandung Nomor 66 tahun 2021. Dalam mengupayakan kebocoran pada penerimaan retribusi parkir, oleh karena itu memanfaatkan terminal parkir elektronik untuk memperbaiki sistem pembayaran menjadi transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir dapat berjalan sesuai target yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dan informasi yang didapatkan kemudian dianalisis secara kualitatif dengan teori implementasi kebijakan menurut Edward III yang memiliki empat faktor dalam keberhasilan kebijakan diantaranya komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir sudah terlaksana namun belum optimal karena dalam pelaksanaannya masih mengalami hambatan. hambatan yang timbul dalam mengimplementasikan kebijakan retribusi pelayanan parkir ini antara lain masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan terminal parkir elektronik hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terhadap penggunaan terminal parkir elektronik sehingga berakibat terhadap penerimaan retribusi parkir yang tidak sesuai target. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Retribusi Parkir, Terminal Parkir Elektronik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:54
Last Modified: 25 Oct 2022 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59910

Actions (login required)

View Item View Item