HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung 2022-2023)

RAMADHAN, IKHMAL RESTU, 185020007 (2022) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung 2022-2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH .pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan :(i)bagaimana kemandirian belajar siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung.(ii)bagaimana minat belajar siswa saat mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung, (iii) apakah terdapat hubungan kemandirian belajar siswa terhadap minat belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan 53 responden siswa di kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung. Adapun hasil penelitian menunjukan: (i) Terdapat hubungan kemadirian belajar yang terdapat dari siswa kelas XI IPS dengan bobot sebesar 3,26 dengan persentase 71,29% dengan begitu indikator kemandirian belajar tergolong kuat.(iii) Terdapat hubungan minat belajar yang terdapat dari siswa kelas XI IPS dengan bobot 4,05 dengan persentase 80,5% dengan begitu dimensi indikator minat belajar dikatakan tergolong sangat baik.Terdapat hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar dibuktikan dengan hasil penolahan data yang menghasilkan nilai pearson Corelation (r) sebesar 0,827 yang menunjukan bahwa variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa memberikan kontribusi minat belajar sebesar 68,4% dan sedangkan sisanya sebesar 31,6% di pengaruhi oleh faktor lain .Sebagai akhir penelitian penulis menyarankan kepada: (i)siswa, diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar terhadap mata pelajaran yang khususnya pelajaran ekonomi agar dapat menimbulkan minat yang ada dalam diri siswa sehingga siswa akan merasa senang dalam mengikuti pembelajarn.(ii)guru,diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar khusus nya belajar mandiri dan guru juga dapat menerapkan pembelajarn yang bervariasi kepada siswa sehingga siswa tidak akan cepat bosan dalam pembelajarn yang diberikan oleh guru.(iii) sekolah,seharusnya lebih baik lagi dalam memberikan masukan kepada guru agar proses pembelajarn tidak membosankan kepada siswa selalu memberikan inovasi dalam pembelajarn dan memberikan sebuah pelatihan kepada guru agar dapat menumbuhkan motivasi belajar kepada siswa.(iv) peneliti selanjutnya, agar melanjutkan penelitian ini diharapkan lebih mengkaji dalam mengenai referensi yang berkaitan dengan yang akan ditelitinya agar mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Kata Kunci : Kemandirian belajar, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:14
Last Modified: 25 Oct 2022 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59883

Actions (login required)

View Item View Item