PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PADLET DAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Cianjur Tahun Ajaran 2022-2023)

PRATIWI, DINDA OKTAVIA, 185020053 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PADLET DAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Cianjur Tahun Ajaran 2022-2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Padlet dan WordWall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 10 soal yang telah diuji kesukaran soal dan daya pembeda soal. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis Paired Sampel T-test, uji hipotesis Independent Sampel T-test, dan uji Effect Size. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan ditemukan kemampuan tingkat berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi yang telah dilakukan di kelas eksperimen terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sangat signifikan dari hasil skor pre-test dan post-test setelah dilakukan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Diperoleh nilai N-Gain 0,7333 yang disebut juga nilai ratarata peningkatan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang dapat diklasifikasikan (g) > 0,70. Dan dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk meningkatkan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Cianjur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional tipe ceramah berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : Pengaruh, Kooperatif tipe Jigsaw, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:16
Last Modified: 25 Oct 2022 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59875

Actions (login required)

View Item View Item