PRATIWI, DINDA OKTAVIA, 185020053 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PADLET DAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Cianjur Tahun Ajaran 2022-2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media Padlet dan WordWall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 10 soal yang telah diuji kesukaran soal dan daya pembeda soal. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis Paired Sampel T-test, uji hipotesis Independent Sampel T-test, dan uji Effect Size. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan ditemukan kemampuan tingkat berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi yang telah dilakukan di kelas eksperimen terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sangat signifikan dari hasil skor pre-test dan post-test setelah dilakukan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Diperoleh nilai N-Gain 0,7333 yang disebut juga nilai ratarata peningkatan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang dapat diklasifikasikan (g) > 0,70. Dan dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk meningkatkan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Cianjur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional tipe ceramah berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : Pengaruh, Kooperatif tipe Jigsaw, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 02:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 02:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59875 |
Actions (login required)
View Item |