PENGARUH KONDISI EKONOMI DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa Kelas XII IPS Di SMAN 6 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

LARISSA, LIVIA, 185020015 (2022) PENGARUH KONDISI EKONOMI DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa Kelas XII IPS Di SMAN 6 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) bagaimana kondisi ekonomi di SMAN 6 Bandung, (ii)pengaruh kondisi ekonomi terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XII IPS di SMAN 6 Bandung, (iii) pengaruh potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XII IPS di SMAN 6 Bandung, dan (iv) pengaruh kondisi ekonomi dan potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XII IPS di SMAN 6 Bandung dengan jumlah populasi 93 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kondiisi ekonomi di SMAN 6 Bandung dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,86 dan presentasenya 57,2% (ii) terdapat pengaruh kondisi ekonomi terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 10,8%, (iii) terdapat pengaruh potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 57%, (iv) Hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 64,480 > 3,10 dengan probabiltas signifikasi nilai F yaitu 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh kondisi ekonomi dan potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan pengaruh yang di peroleh dari hasil R Square sebesar 58,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 41,1% dengan kategori kuat. Penulis menyampaikan saran kepada: (i) guru diharapkan dapat meningkatkan dan mendorong siswa agar semangat dalam melanjutkan study ke perguruan tinggi sehingga siswa dapat mengikuti program yang direncanakan pemerintah, (ii) siswa diharapkan dapat meningkatkan potensi yang dimiliki, potensi juga merupakan kunci bagi siswa dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi, (iii) sekolah diharapkan memberikan informasi secara detail kepada siswa dan orang tua tentang program yang diberikan oleh pemerintah. Semakin banyak siswa yang melanjutkan pendidikannya maka semakin banyak generasi muda yang berpotensi, (iv) peneliti selanjutnya, diharapkan dapat dijadikan acuan sebagai salah satu sumber referensi penelitian yang serupa dengan mengkaji lebih dalam kembali. Kata Kunci: Kondisi ekonomi, Potensi diri, Minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:58
Last Modified: 11 Oct 2022 06:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59714

Actions (login required)

View Item View Item