ANALISIS KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIBLIOMETRIXS TOOLS (APLIKASI SLNA)

FAUZIAH, HERA IYADATUL (2022) ANALISIS KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIBLIOMETRIXS TOOLS (APLIKASI SLNA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, dimana kegiatan pembelajaran telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan pengajaran dengan metode ceramah dan diganti dengan digunakannya media pembelajaran. Lebih-lebih pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kompetensi-kompetensi yang terkait dengan keterampilan proses, maka dibutuhkan peranan media pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang secara baik dan kreatif dengan memanfaatkan multimedia, dalam batas-batas tertentu akan dapat memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak mencamkan apa yang dipelajarinya, lebih baik, dan meningkatkan penampilan (performance) siswa dalam rangka meningkatkan ketercapaian kompetensi. Media sebagai bagian integral pembelajaran, komponen ini perlu mendapatkan perhatian para guru. Pentingnya media dalam memfasilitasi peserta didik (pembelajar), penyajiannya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Hadirnya media dalam proses pembelajaran sangat membantu pembelajar lebih memahami hal yang dipelajari. Banyak penelitian tentang tema ini telah dilakukan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian dan perkembangan potensial pada topik ini. Penelitian ini dilakukan dengan analisis bibliometrik. Peneliti menggunakan kata kunci kualitas media pembelajaran digital dalam database Scopus dengan rentang waktu tiga tahun yaitu 2019 hingga 2021. Data tersebut divisualisasikan menggunakan bantuan beberapa aplikasi yaitu Bibliometrix, Tableu dan VOS Viewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian topik kualitas media pembelajaran digital adalah tema yang berkaitan dengan teknologi, teknik, dan terkait dengan guru dan siswa. Selain itu didapatkan juga beberapa istilah yang digabungkan dengan Artikel Machine Learning, Digital Literasy Dan Digital Technologies. Jurnal Of Microbiology and Biology Education. Kata Kunci : Kualitas, Media Pembelajaran Digital, Ipa dan Bibliometrixs Tools

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:57
Last Modified: 22 Sep 2022 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59541

Actions (login required)

View Item View Item