PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

HUWAIDAH, SHAFA DZIHNI, 185060073 (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa Kelas V SDN Tegalwangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi kahoot pada siswa kelas V SDN Tegalwangi Kabupaten Bandung tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa rendah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN Tegalwangi sebanyak 60 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah penerapan model discovery learning berbantuan aplikasi kahoot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap pemahaman konsep matematis sebesar 71% dan jika dilihat rata – rata nya terdapat peningkatan untuk kelas eksperimen dari 63% menjadi 90% sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 46% dan jika dilihat dari nilai rata – rata terdapat peningkatan dari 56% menjadi 78%. Begitupun respon siswa menunjukkan hasil dari penerapan model discovery learning memperoleh hasil bahwa sebagian besar (53,98%) siswa sangat setuju dengan pernyataan positif dan Sebagian besar (65,91%) siswa tidak setuju dengan pernyataan negatif dalam angket tersebut. Sedangkan untuk respon siswa terdapat penerapan media kahoot memperoleh hasil bahwa sebagian besar (64,14%) siswa sangat setuju dengan pernyataan positif dan hampir setengahnya (48,49%) siswa sangat tidak setuju dengan pernyataan negatif dalam angket tersebut. Kata Kunci: Mode Discovery Learning, Media Kahoot, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:25
Last Modified: 21 Sep 2022 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59529

Actions (login required)

View Item View Item