PENERAPAN MEDIA PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TEGALWANGI

Hayati, Laduni Sifa, 185060130 (2022) PENERAPAN MEDIA PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN TEGALWANGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak cerita dongeng pada siswa kelas III SDN Tegalwangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak cerita dongeng menggunakan media podcast pada siswa kelas III SDN Tegalwangi Kab.Bandung 2021/2022. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan menyimak cerita dongeng pada siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian supaya kemampuan menyimak cerita dongeng menggunakan media podcast pada siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Tegalwangi sebanyak 65 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas III A sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah penerapan media podcast. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil test kemampuan menyimak cerita dongeng siswa sebesar 72% dan jika dilihat dari nilai rata-ratanya terdapat peningkatan untuk kelas eksperimen dari 48,64 menjadi 84,09 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 46% dan jika dilihat dari nilai rata-rata terdapat peningkatan dari 31,36 menjadi 53,18. Kata Kunci: Media Podcast, Kemampuan Menyimak, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:19
Last Modified: 21 Sep 2022 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59528

Actions (login required)

View Item View Item