EFEKTIFITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA DARUL MAARIF

HUSNA, GINA ASMAUL, 185040002 (2022) EFEKTIFITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA DARUL MAARIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER GINA ASMAUL HUSNA FIXBANGET.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI GINA.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar ialah perubahan peserta didik setelah dilakukannya pembelajaran(Eka & Hani. 2021) Hasil belajar diukur dengan menggunakan framework bloom. Penulis menggunakan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames yangdijadikan dasar penelitian, Tujuan penelitian ini ialah mengetahui efektifitaspenerapan aplikasi ethno-edugames dengan permainan oray - orayan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa pada materi ekosistem. Subjek penelitianini ialah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 salah satu sekolah MAdi KabupatenBandung . Desain penelitian yang digunakan ialah Kualitatif untuk angket siswa, dan kuantitatif untuk analisis data dengan metode quasy-experiment ataueksperimen semu menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelaseksperimen dengan diberikan pre-test dan post-test sebanyak 25 soal untukmemperoleh data kuantitatif, juga diberikan 50 soal untuk kelas eksperimenmenggunakan aplikasi ethno-edugames, serta diberikan angket respon siswaterhadap hasil belajar untuk kedua kelas dan angket respon siswa terhadapaplikasi ethno-edugames untuk kelas ekperimen. Hasil Penelitian Uji Wilcoxonmenunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) memiliki nilai 0,000 < 0,05. makaH0 ditolak dan Ha diterima shingga dinyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi ethno-edugames. Hasil perhitungan N-gainkelas kontrol ialah 100% dengan kriteria rendah, sedangkan untuk kelaseksperimen nperhitungan N-gain 5,2% kriteria tinggi, 68%kriteria sedang, dan26% kriteria rendah. Hasil angket respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugamesdan angket respon siswa terhadap hasil belajar memiliki respon positif. Kata Kunci : Aplikasi ethno-edugame , Ekosistem, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:58
Last Modified: 19 Sep 2022 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59304

Actions (login required)

View Item View Item