PENERAPAN PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF

DHEWI, DILLA SYLVANIA, 185040049 (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Seiring dengan pesatnya perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia pendidikan pun mengikuti dan terus berkembang dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan menggunakan flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada materi sistem saraf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dengan menggunakan satu kelas eksperimen. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI MIPA C di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan metakognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 57,87 dan rata-rata posttest sebesar 93,53 dengan nilai N-Gain 0,873 dikategorikan tinggi. Hal tersebut menunjukan implementasi pembelajaran flipped classroom signifikan mampu meningkatkan kemampuan metakognitif pada kriteria sangat baik dengan rata-rata presentase 78,4% pada indikator pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural pengetahuan kondisional, planning, strategi mengelola informasi, pemantauan terhadap pemahaman, strategi perbaikan, dan evaluasi. Hal tersebut menunjukan terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan flipped classroom baik dirumah maupun dikelas, khususnya dalam menyimak video pembelajaran, mencari referensi, diskusi, tanya jawab dan presentasi. Selain itu aktivitas penunjang dirumah peserta didik dipantau dengan jurnal belajar, membuat rangkuman dan peta konsep. Dimana seluruh aktivitas flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa dengan baik. Kata Kunci: Flipped Classroom, Metakognitif, Sistem Saraf

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:06
Last Modified: 15 Sep 2022 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58975

Actions (login required)

View Item View Item