Sulistya, Fela, 185030001 (2022) ANALISIS SEMANTIK TERHADAP MAKNA KIAS DALAMBAHASAFIGURATIF (MAJAS) PADA KUMPULAN PUISI LILIN KARYAWIWIKWINARSIH DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJARDI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Dalam menganalisis makna kias, hal yang sulit dipelajari peserta didik ialahtidakmampu memaknai kata dalam sebuah karya sastra khususnya puisi. bahkan masihbanyak peserta didik tidak mampu memaknai kata yang bermakna kias sebuahkarya sastra khususnya puisi. Maka penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan makna kias dan jenis makna kias dalam bahasa figuratif (majas) melalui analisis semantik pada 46 Puisi karya Wiwik Winarsih serta untukmeningkatkan pemahaman dalam pembelajaran sastra yang erat kaitannya denganpenyusunan LKPD digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra kelas Xdi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, artinya penulismenganalisis data kemudian mendeskripsikan secara naratif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa makna kias yang sering digunakan ialah majas personifikasi. Jenis majas yang ditemukan meliputi majas metafora sebanyak 15 data, majassimile sebanyak 4 data, majas personifikasi sebanyak 51 data, majas hiperbolasebanyak 28 data, dan majas ironi sebanyak 16 data dengan total keseluruhanmajas yang ditemukan ialah 114 data. LKPD divalidasi oleh dua orang pendidikbersertifikasi dengan nilai berkategori baik. LKPD juga diujicobakan kepadasepuluh peserta didik, satu orang peserta didik memperoleh nilai berkategori cukup, empat orang peserta didik memperoleh nilai berkategori baik, danlimaorang peserta didik memperoleh nilai berkategori sangat baik. Dengan demikian, LKPD dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas X di SMA. Kata kunci: analisis semantik, makna kias, bahasa figuratif, puisi, bahanajar, lkpd.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 06:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58911 |
Actions (login required)
View Item |