PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 070 PASIRLUYU

RAHAYU, INDRIYA, 185060070 (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 070 PASIRLUYU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB III INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB V INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA INDRIYA RAHAYU 185060070 (PGSD).pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media video pada materi siklus air terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 070 Pasirluyu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasy eksperimen dengan desain one-shoot case study. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan dari kelas V SDN 070 Pasirluyu yang berjumlah 66 orang dan sampel dari penelitian ini adalah kelas kontrol dan kelas eksperimen yang keduanya masing-masing berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 butir soal yang digunakan pada pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantuan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa yang dibuktikan dengan perbedaan nilai siswa pada kelas ekperimen yang pada saat pretest memilili rata-rata nilai 6,41 yang meningkat menjadi 8,00 pada saat posttest, sedangkan rata-rata nilai untuk kelas kontrol pada hasil pretest 5,17 dan mengalami penurunan menjadi 5,12 pada hasil posttest. Lalu hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 6,366 dan ttabel = 2,457. Dari data tersebut diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel atau 6,366 > 2,042 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti “terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA pada materi siklus air siswa kelas V SDN 070 Pasirluyu”. Kata kunci: Metode demonstrasi, media video, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:42
Last Modified: 08 Sep 2022 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58877

Actions (login required)

View Item View Item