PERAN GURU PPKn DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMA Kartika XIX-1 Jl. Taman Pramuka Kota Bandung)

Kusdinar, Amara Azka (2022) PERAN GURU PPKn DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMA Kartika XIX-1 Jl. Taman Pramuka Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6. BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7. BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
FILE 8.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
FILE 9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
FILE 10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Dilihat dari faktor eksternal Peran seorang guru di dalam kelas, strategi dan metode pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran merupakan hal yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Permasalahan yang yang ditemukan di berbagai sekolah mengenai peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran PPKn itu di anggap sangat membosankan, banyak dari peserta didik menganggap membosankan karena dalam mata pelajaran PPKn banyak terdapat hafalan selain itu ada faktor rendahnya minat membaca pada peserta didik, bahkan peserta didik masih kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran PPKn. Maka jika dilihat dari permasalah yang ada peran seorang guru di dalam kelas sangat penting, bagaimana seorang guru memberikan motivasi, mengatur jalannya proses pembelajaran, dan juga implementasi strategi dan metode yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dengan metode diskusi untuk mengembangkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif dan menggunakan Mixed Methods, dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan kedua informan yaitu guru PPKn kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung serta peserta didik kelas X dan angket yang disebarkan pada 4 kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru menerapkan stategi pembelajaran ekspositori dengan metode diskusi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hal ini bisa dilihat dari hasil data yang sudah peneliti kumpulkan mulai dari hasil observasi pada saat proses pembelajaran, hasil pengelolaan angket menyatakan bahwa sebanyak 85 peserta didik 65,4% mengatakan sangat berminat dengan mata pelajaran PPKn dan 45 peserta didik 34,6% mengatakan tidak berminat setelah proses pembelajaran berlangsung dan yang terakhir hasil wawancara. Kata Kunci: Peran Guru, Strategi Pembelajaran Ekspositori, Metode Diskusi, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:09
Last Modified: 01 Sep 2022 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58821

Actions (login required)

View Item View Item