EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI ERA NEW NORMAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 9 CIMAHI ( Penelitian Survei Pada Peserta Didik di SMP Negeri 9 Cimahi )

Latiefah,Syifa Nurul, 185010038 (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI ERA NEW NORMAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 9 CIMAHI ( Penelitian Survei Pada Peserta Didik di SMP Negeri 9 Cimahi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Judul.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengeshan.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penetliain ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektevititas pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, selama pembelajaran di masa pandemic dan new normal saat ini. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan variabel independen analisis yaitu efektivitas pelaksanaan pembelajaraan tatap muka terbatas (PTMT) dan variabel dependennya adalah Hasil Belajar Peserta Didik. Sampel penelitian yang digunbakan oleh peneliti merupakan simple random sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Peneliti mememproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil uji analisa data oleh peneliti membuktikan bahwa peserta didik dalam efektivitas pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadapa hasil belajar peserta didik memiliki hasil respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukan nilai t hitung = 4,661 > 0,1735 maka dapat dilihat variabel efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) berpengaruh terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan faktor yang mempengaruhi hasil penelitian sebesar 21% bahwa peserta didik merasakan efektivitas pelekasanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) efektif dan optimal. Hal ini terbukti pelaksanaan pemeblaajran tatap muka terbatas akan berpengaruh meningkatnya hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Belajar Tatap Muka Terbatas, Pembelajaran daring, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:13
Last Modified: 31 Aug 2022 06:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58592

Actions (login required)

View Item View Item