Latiefah,Syifa Nurul, 185010038 (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI ERA NEW NORMAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 9 CIMAHI ( Penelitian Survei Pada Peserta Didik di SMP Negeri 9 Cimahi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Judul.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengeshan.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penetliain ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektevititas pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, selama pembelajaran di masa pandemic dan new normal saat ini. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan variabel independen analisis yaitu efektivitas pelaksanaan pembelajaraan tatap muka terbatas (PTMT) dan variabel dependennya adalah Hasil Belajar Peserta Didik. Sampel penelitian yang digunbakan oleh peneliti merupakan simple random sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Peneliti mememproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil uji analisa data oleh peneliti membuktikan bahwa peserta didik dalam efektivitas pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadapa hasil belajar peserta didik memiliki hasil respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukan nilai t hitung = 4,661 > 0,1735 maka dapat dilihat variabel efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) berpengaruh terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan faktor yang mempengaruhi hasil penelitian sebesar 21% bahwa peserta didik merasakan efektivitas pelekasanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) efektif dan optimal. Hal ini terbukti pelaksanaan pemeblaajran tatap muka terbatas akan berpengaruh meningkatnya hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Belajar Tatap Muka Terbatas, Pembelajaran daring, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:13 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58592 |
Actions (login required)
View Item |